Minggu, 24 Mei 2015

Sambel Tumpang

Sambel Tumpang
Biasanya sambel tumpang kalau di Solo dihidangkan dengan sayuran dan bubur gurih, cocok banget buat sarapan pagi. Sambel tumpang sebenarnya terbuat dari tepe semangit atau tempe yang sudah dibiarkan 2 hari. Jadi merupakan hasil fermentasi alias tempe busuk. Tapi jangan salah walau berasal dari tempe busuk tapi kalau sudah dimasak akan menjadi hidangan yang sedap dan nikmat.
 Selain bahan utamnya tempe, tambahan bumbu bawan merah, bawang putih, kencur, cabai merah daun jeruk purut membuat sajian ini tambah sedap.

Makan sambel tumpang bisa ditemani dengan tahu goreng atau telur rebus. Tahu dan telur bisa ditambahkan di sambel tumpang akan menambah cita rasa yang unik.Sambel tumpang ini lebih enak jika sudah meresap bumbunya atau didiamkan sehari. Jika masak sore lalau pagi harinya dipanaskan maka rasanya jadi nambah gurih.

 Karena kangen dengan masakan sambel umpang maka aku pun membuatnya sendiri. Bahannya mudah didapat dan memasaknya tinggal semua dirbus alau dihaluskan dan inggal ditambahakan santan serta daun salam dan lengkuas.

Bahan sambel tumpang:
250 gram tempe (beli hari ini masaknya besok) namanya tempe semangit
5 siung bawang merah
3 siungbawang putih
2 cm kencur
2 buah cabai merah
3 cabai rawit (jika suka pedas bisa ditambah)
4 lembar daun jeruk purut
2 lembar daun salam
500 ml santan
Garam dan gula pasir secukupnya

Cara membuat:
1, Tempe diiris kotak, lalu rebus dengan bawang merah, bawang putih, kencur, cabai merah,daun jeruk purut. Kurang lebih 10 menit.
2. Setelah matang angkat dan ditiriskan kemudian dihaluskan memakai cobek.
3. Masukkan ke dalam panci, tambahkan santan.Daun salam, lengkuas, garam, gula pasir.Masak hingga mendidih.
4. Angkat dan siap disajikan.


Aku kemarin tambahkan tahu goreng ke dalam sambal tumpangnya. Hmmmm...enyaaak...rasa kangen pada kampung halaman terobati.
2 cm lengkuas


Tidak ada komentar:

Posting Komentar