Rabu, 21 Januari 2015

Tips Menyimpan Tahu

Tahu, si kotak putih dari kedelai penuh dengan gizi . Tahu mengandung protein nabati. Sebagai Ibu rumah tangga dan penggemar tahu, saya selalu mempunyai stok tahu di kulkas. Hampir tiap hari membeli tahu dan tak pernah bosan. Paling yang bosan dengan tahu anak-anak, maka beralih menu telur, ayam atau tempe.Stok tahu akhirnya tak terolah lalu bagaimana saya menyimpannya agar tak terasa kecut. Jangan khawatir tahu ini bisa tahan seminggu di kulkas jika cara penyimpanannya benar.akan saya bagikan tips menyimpan tahu berdasarkan pengalaman saya.


Nah biasanya saat ke pasar ada dua pilihan tahu yaitu tahu press dan tahu yang biasa. Aku lebih suka tahu yang bisa karena lebih lembut. terkadang aku juga beli tahu kuring (tahu sutra).Saat belanja ini kita juga sebaiknya cermat melihat barang yang akan kita beli, walau itu sekedar tahu. :)
Ciri tahu yang baik menurutku yaitu kelihatan dari teksturnya yang lembut, atau tidak terlalu keras serta bau segar kedelainya masih tercium. (terlihat dari aroma yang dikeluarkan si tahu seperti aroma susu kedelai)

Ini rahasia tips menyimpan tahu agar awet dan tak berbau asem alaku.Sebelum disimpan di kulkas biasanya aku cuci bersih dulu si tahu ini, terkadang aku basuh lagi dengan air hangat. Tahu kemudian ditiriskan lalu simpan di wadah yang edap udara, bisa juga direndam denan sedikit air. Tahunya bisa tahan 2 hari di kulkas. Jika ingin tah lebih awet, silakan tau yang sudah dicuci bersih tadi dikukus. Setelah dingin, disimpan dalam wadah kedap udara tutup rapat agar tahu tak kering.Insya Allah tahunya bisa awet selama satu minggu.Dan siap untuk diolah sesuai dengan selera anda.Contoh olahan tahu, antara lain mapo tahu daging

Semoga tips menyimpan tahu ala saya ini, bermanfaat bagi pembaca.

1 komentar:

  1. makasih tipsnya nih mak, pernah nih simpan tahu tak dicuci dulu jadi basi :(

    BalasHapus