Senin, 13 April 2015

Cara Menghilangkan Getah Nangka

credit

Nangka muda biasanya untuk membuat sayur lodeh atau gudeg. Sedangkan yang tua biasanya hanya disantap sebagai buah atau campuran es teler.Padahal nangka yang berbau harum sangat mengundang untuk dimakan,  kadang kita malas mengupas karena getahnya.
 Pisau dan tangan tertempel getah nangka. Untuk menghilangan getah nangka ada beberapa cara yaitu:

Olesi tangan dan pisau  dengan tepung kanji setelah mengupas nangka, lalu gosokkan pada bagian yang kena getah. Maka getahnya akan hilang dari tangan dan pisau.

Atau bisa juga menggunakan minyak goreng dengan cara dioleskan di tangan dan pisau atau talenan yang akan digunakan.Minyak goreng digosokkan secara merata pada tangan atau pisau, lalu digosok-gosok hingga getahnya hilang atau rontok.Lalu cuci tangan, pisau dan talenan menggunakan sabun hingga bersih.

Sekarang kita tak perlu khawatir lagi bila tangan dan pisau belepotan getah ketika mengupas atau membukanya. Karena sudah ada solusi cara menghilangkan getah nangka tersebut. Yuuuk makan nangka  jangan takut getahnya. tapi ketika sudah nikmat jangan banyak-banyak konsumsinya ya, kan terlalu berlebihan itu tak baik. :)

3 komentar:

  1. Nangka sama Cempedak nyaris sama ya bentuk dan warnanya. Lengketnya buah Nangka kalau kena tangan sering menjadi bekas bekas warna Hitam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, biasanya saya kasih minyak goreng Pak untuk menghilangkannya

      Hapus
  2. Nice info mb tatit buat pecinta nangka kayak ku...dan aku sukanya dimakan segar

    BalasHapus