Kamis, 21 Mei 2015

Sambel Pecel

Sambel Pecel
Kalau menjelang bulan Ramadhan begini paling enak uh nyetok sambel pecel. Selain sambel pecel ada juga yan perlu aku stok seperti dendeng, abon, atau lauk kering. Seperti lauk kering tempe atau klengkam. Nah yang klengkam itu aku jarang masak sendiri, iasanya minta kiriman Ibu dari Solo. Terutama klengkam dari toko oleh-oleh Varia. Hmmm...enyaaak kriuk lengket gitu.
 Pecel merupakan aneka rebusan sayuran yang terdiri dari kacang panjang, taoge, bayam atau kangkung maupun kobis, lalu disiram dengan sambal kacang . Pecel merupakan salah satu kuliner Indonesia . Ada aneka pecel . Pecel Madiun, Pecel Ponorogo, Pecel Blitar, Pecel Blitar, dll.
Yang membedakan hanya variasi sayuran dan lauk pendampingnya. Jika pecel Madiun menggunakan tambahan petai cina dan daun kemangi serta diberi lauk tambahan karak atau krupuk puli. Terkadang juga ditemani rempeyek kacang juga cocok.

Di keluarga Ibuku, jika masak pecel maka biasanya ditambah dengan bakmi goreng atau bakwan goreng (orang Jawa Timur menyebutnya ote-ote). Pecel bakmi atau ote-ote selalu tersedia di bulan Ramadhan. Biasanya dihidangkan saat buka puasa. Kalau Ibu tak masak pecel bakmi maka aku dan adik-adikku akan membeli pecel bakmi ke Mbak Parti tetangga Ibu yang jualan dengan memeakai bronjong ditaruh sepeda lalu keliling kampung.Sampai sekarang jika aku pulang ke rumah Ibu, Mbak Parti selalu memberiku sambel pecelnya buat aku bawa pulang. Karena aku sungkan selalu diberi sambel gratisan. Biasanya aku panggil anaknya buat aku beri uang jajan ala kadarnya.

Di Sidoarjo sebenarnya juga banyak yang jual sambel pecel. Tapi kok lebih mantep bikin sendiri ya. Menurutku sambel pecel di Sidoarj cenderung asin. Sedangkan lidahku lebih suka manis.

Bahan Bumbu Pecel:
250 gram kacang tanah digoreng sampai matang
50 gram cabai merah
3 siung bawang putih (Goreng sebentar untukmenghilangkan rasa langu)
6 biji cabai rawit (Jika pengin pedas tinggal tambahkan )
2 ruas kencur
Asam jawa secukupnya
5 lembar daun jeruk purut
100 gram Gula merah disisir (agar cepet halus)
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya

Cara Membuat:
1.Semua bahan dhaluskan bisa menggunakan lumpang dan alu kecil, blender atau bisa juga dibawa ke tempat tukang menggilingkan bumbu di pasar.
2. Bumbu diaduk dan ditkan sampai padat. Masukkan ke dalam wadah kedap udara atau plastik dan tutup rata. Simpan di kulkas. Agar bumbu awet.
3. Jika ingin menggunakan, timggal ambil beberapa sendok makan sambel pecel. Lalu disiram dengan air panas. Diaduk sampai kental siap  dihidangnkan dengan aneka sayuran .

Bumbu pecel ini akan lebih awet biladisimpan di wadah kedap udara dan tertutup rapat atau simpan ke dalam plastik lal masukkan ke kulkas. Bumbu pecel awet kurang lebih 2 bulan.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar