Kamis, 02 April 2015

Cara Merawat Cobek Batu

Gambar diambil dari Muntu.com


Setiap Ibu rumah tangga pasti memiliki cobek dan ulegan. Walau sudah ada blender maupun processor untuk menghaluskan bumbu, Ketika membuat sambel atau menguleg bumbu tetap ada yang percaya bahwa menguleg menggunakan cobek batu lebih sedap hasilnya.Bahan baku cobek ada yang terbuat dari kayu dan batu.Cobek dan muntu ini jika kita salah pilih dalam membeli terkadang cobeknya ada yang terbuat dari semen dan kettika dipakai untuk menguleg jadi terasa ada pasirnya.Nah di tulisan ini akan saya tuliskan cara memilih, membersihkan dan merawat cobek batu agar lebih awet.


Bahan utama cobek batuyang bagus berasal dari batu kali atau batu gunung dan candi bisa juga disebut batu andesit. Kalau di Jawa Tengah penghasil cobek batu yang baik dari wilayah Muntilan Magelang. Batu yag digunakan berasal dari batu sisa letusangunung Merapi. Warna batunya cenderung agak kehitaman.Jika anda berada di wilayah Mojokerto, Jawa Timur, batu cobeknya juga terkenal bagus kwalitasnya.

Bagaimana memilih cobek pertama kali saat membeli untuk membedakan bahannya terbuat dari campuran semen atau batu kali asli?Sebelum membeli cobek, aku terkenal rewel dengan si pedagang dan biasanya si pedagang sudah paham apa mauku.Untuk membedakan antara cobek batu yang asli biasanya saya akan menggoreskan pisau di cobek. Ketika cobek digores dengan pisau dan ada serpihan seperti pasir berarti bukan cobek batu asli. Dan bila diberi air langsung terserap habis, biasanya cobek palsu. Sebab cobek yang terbuat dari batu andesit, biasanya jka tergores tak akan berpasir.

Cobek batu saat pertama kali digunakan biasanya akan membekas warna hitam karena faktor lapisan warna batu tertentu. Untuk mengatasi hal ini, ambillah segenggam beras lalu diuleg dengan cobek dan muntu yang baru tersebut. Lakukan terus sampai tak muncul warna kehitaman pada hasil tumbukan beras.

Supaya cobek awet, segera bersihkan cobek tanpa menunggu lama agar kotoran tak mengendap.
Cara membersihkan cobek:
1. Rendam cobek, berapa saat, lalu cuci dengan sabun piring dengan menggunakan spon. Lalu bilas sampai bersih. Setelah dipakai dikeringkan dan jangan meletakkannya di tempat lembab. Tapi letakkanlah di tempat yang kering agar cobek tak berjamur.

2.Jika anda membuat santan jangan buang ampas kelapanya. Ampas kelapa bisa digunakan untuk membersihkan cobek dengan cara ampas kelapa ditaruh di cobe dan uleg sampai kotoran yang berada di cobek terangkat. Setelah itu cuci sapai bersih dan keringkan. Memebersihkan cobek dengan ampas kelapa, membuat cobek lebih mengkilat.

3. Saat masak sayur kangkung, jangan langsung dibuang akarna di sampah. Akar kangkung bisa digunakan untuk membersihkan cobek juga . Uleg akar kangkung hingga halus, lalu bilas dan cuci cobek sampai bersih. Keringkan dan simpan di tempat yang kering.

Tips cara merawat cobek batu di atas semoga bermanfaat bagi pembaca. Jangan lupa untuk menaruh cobek di tempat yang kering ya. Dan jangan gunakan cobek sebagai pengganti piring :)


1 komentar:

  1. Sekarang gampang2 susah cari cobek asli. Tapi di daerah yang ada gunung berapinya pasti lebih mudah ya. Katanya batu2 di daerah yang ada gunung berapinya bagus2 untuk jadi cobek.

    BalasHapus