Rabu, 16 Maret 2016

Homemad Egg Tofu Atau Tahu Jepang

Homemade Tofu atau Tahu Jepang
Eg tofu atau tahu telur, biasa juga disebut tahu Jepang. Tahu ini lebih lembut, gurih dan biasa hanya dijual di supermarket. Anak-anakku sangat suka dengan makanan ini. Asal lauk tahu aja pasti doyan. :)
Tahu ini juga sangat cocok bia ditumis dengan aneka sayuran seperti brokoli atau jamur merang, atau dibuat sapo tahu. Hmmm.. pasti lezat. Kalau beli di Supermarket selain harganya mahal, tentunya nggak lepas dari bahan pengawet.

Nah baru-baru ini saya dapatkan resep egg tofu dari salah satu grup masak yaitu grup Langsung Enak. Aku paling suka buka-buka timeline grup ini, resep masakannya dari yang mudah dan simple sampai yang perlu ketelatenan. La masak kue dan roti kan butuh keabaran dan ketelatenan. Dari grup ini pula terkadang aku bisa menemukan menu buat akhir pekan  yang akan  kuhidangkan buat anak dan suami atau pas mentog ide buat bikin cemilan. Ya memang hobiku makan sih, lupakan perut endut yang penting makan...makan... :)

Resep egg tofunya nggak pakai ribet, maka aku tadi siang langsung praktek. Pulang dari nganter sekolah Lantip, mampir beli susu kedelai murni di pinggir jalan. Tadi penjualnya heran, beli susu kedelai kok nggak pakai gula, bolak balik tanya pakai gula nggak?dan kujawab tegas nggak. beliau memmandangku heran. Yo wis ben. :)

Resep sebnarnya dari mbak Andarra Lestari menggunakan susu kedelai 1 liter dan telur ayam 5 butir serta sejumput garam. Aku tadi praktek setengah resep dulu habisnya takut gagal dan aku tambah 1 sendok teh maizena. Ternyata percobaan pertama ini kurang mulus, masih penuh rongga. Jadinya aku masih penasaran, mungkin hari Sabtu aku mau mencoba lagi.

Bahan;
1/2 liter  susu kedelai
2 buah telur ayam
1 sendok teh maizena
Sejumput garam, aku tadi kurang lebih 1 sendok teh peres. (Aku suka asin)

Cara membuat:
1. Kocok telur dengan garam sampai tercampur rata.
2. Masukkan susu kedelai dan dicampur hingga tercampur rata.
3.  Maizena dicampur dengan 3 sendok makan susu kedelai. setelah ta mbrindil alais berbutir masukkan ke dalam campuran kocokan telur dan susu ledelainya. Dicampur rata.
4. Lalu disaring.
5. Dibungkus menggunakan plastik es
6. Kukus menggunakan api kecil dan setiap 5 menit panci dibuka untuk menghindari plastik pecah. ila tak punya plastik es. Bisa dicetakdengan menggunakan kotak tupperware atau pinggan tahan panas.
7. Kukus kurang lebih 30 menit.
8. Angkat
Tunggu sampai dingin, baru dipotong-potong .
Kalau mau memasak,egg tahu bisa digulingkan di telur atau tepung maizena lalu digoreng sampai matang.
Egg tofu atau tahu jepang siap diolah sesuai selera.


NB: Mengukus tahunya harus menggunakan api kecil agar hasil tahu lebih smooth dan kenyal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar