Rabu, 25 Maret 2015

Tips Menyimpan Bumbu Dapur Supaya Awet

Seringkali kalau membeli bumu dapur masih sisa banyak seperti cabai, bawang merah maupun bawang putih. Biasanya kita juga menyetok bumbu dapur ini di dapur kita agar tak bolak balik ke pasar untuk membelinya. Biasanya agar bumbu itu lebih awet ada beberapa tips menyimpan bumbu dapur ini. Diantaranya


1.Menyimpan Bawang Merah dan Bawang Putih
 Jika membeli bawang putih atau bawang merah, sebelum saya simpan saya selalu menjemur dulu hingga kering lalu disimpan di keranjang yang berlubang biar tak cepat busuk. Simpanlah di tempat kering.

2. Menyimpan  ketumbar
Agar ketumbar lebih awet sebelum dimasukkan di tempat yang kedap udara sebaiknya disangrai dulu tanpa minyak.Ingat jangan sampai gosong.

3. Menyimpan Kemiri
Agar  kemiri lebih awet, biasanya saya goreng dulu untuk menghindari  tak berbbuk atau pas dimasukkan ke dalam masakan tak berbau langu.

4. Menyimpan empon-empon
Sebaiknya menyimpan empon-empon di wadah kedap udara.Seperti serai daun jeruk purut maupun lengkuas. eelumnya saya cuci dulu untuk mengilangkan tanahnya lalu dilap sampai kering. Baru masukkan ke wadah dan simpan di kulkas.

Untuk empon-empon ini kalau sudah ada yang bertunas biasanya saya tanam di pot hihihi mayan selain untuk hijau di taman juga bermanfaat pas dibutuhkan.
Semoga tips menyimpan bumbu dapur ini bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar