Selasa, 17 Maret 2015

Daun Singkong Masak Santan

Daun Singkong Masak Santan
Punya tetangga yang baik hati dan tidak sombong itu enak ya, ketika tetangga panen daun singkong aku dikasih. Kadang panen mangga pun aku selalu diberi. Kali iniaku diberi daun singkong, ah lama banget nggak masak yang bersantan, karena ojob kurang suka dengan sayuran bersantan. Maka aku seringnya masak tumis-tumis saja. Selain masaknya cepet juga gampang dengan bumbu minimalis. Aku bulatkan tekad pengin bikin Daun singong masak santan saja dengan bumbu pepak.


Bahan:
2 ikat daun singkong, ambil daunnya lalu rebus dengan sedikit garam lalu tiriskan dan iris-iris
Bawang merah goreng untuk taburan secukupnya
Santan kira-kira 1 liter dari separo kelapa (aku kurang suka santan kental)

Bumbu yang dihaluskan:
7 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar
1/2 sendok teh merica
2 butir kemiri
2 cm kunyit
Garam dan gula secukupnya
Daun salam 2 lembar
lengkuas 2 cm

Minyak goreng untuk menumis secukupnya

Cara membuat:
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum dan berubah warna.
Masukkan santan dan daun singkong.Tambahkan daun salam dan lengkuas. Tunggu hingga mendidih. Sambil sesekali diaduk agar santan tak pecah. Tunggu sampai mendidih.
Angkat dan sajikan. Taburi dengan bawang merah goreng

Daun singkong masak santan siap dhidangkan dengan lauk tempe atau ikan asin.
Hmm sedap :)





1 komentar: