Sabtu, 11 April 2015

Cara Menghilangkan Rasa Pahit Daun Pepaya

Setiap kali Adik masak daun pepaya atau bunga pasti rasanya tak pahit sama sekali. Aku paling suka kalau dijamu dengan oseng daun pepayanya. Dalam bayanganku kalau dibikin jamu gendhong saja rasanya pahit sampai di lidah gimana kalau dimasak sayur?
Tapi anggapanku kalau daun pepaya itu pahit kalau dimasak sirna ketika disuguhi Adik ipar saat berkunjung ke rumahnya di Magelang. Aku pun pengin tahu cara menghilangkan rasa pahit daun pepaya itu. Dan ternyata ada beberapa cara untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya. Yaitu:


1 Dengan mencampurkan tanah liat 
Saat merebus daun pepaya campurkanlah sedikit tanah liat. Tanah liat yang digunakan adikku berasal dari Wonosobo, bisa didapat di pasar tradisional Magelang . Kalau tanah liat dari wonosobo ini biasanya sudah dibentuk sebesar bola tenis dengan harga sebijinya 500 rupiah. Tanah liat ini biasa orang menyebutnya sebagai tanah ampo.Daun pepaya setelah direbus dengan tanah liat lalu dicuci bersih lagi. Baru bisa dimasak.

Baca juga : Tumis bunga pepaya

2. Diremas menggunakan garam yang kasar
Setelah daun pepaya direbus, remas-remas daun pepaya menggunakan garam. Cara ini akan mengurangi rasa pahitnya.

3.Rebus dengan mencampur daun singkong atau daun jambu biji
Jika merebus dengan daun jambu, setelah daun empuk, singkirkan daun jambu bijinya.Bila mencampurnya dengan daun singkong, bisa langsung dimasak.

Nah itu tadi tips menghilangkan rasa pahit daun pepaya, selamat memasak. Dan semoga bermanfaat.:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar