Sabtu, 04 April 2015

Cakalang Ashar Masak Santan

Cakalang Ashar Masak Santan
Ikan cakalang ashar sangat terkenal di Ambon. Dinamakan cakalang Ashar karena dimasaknya saat Ashar dan bertahan sampai esok harinya pas ashar. (kecuali ditaruh di kulkas bisa tahan kurang lebih 3 hari). Ikan cakalang ini banyak dijajakan di pasar Mardika dan di daerah penyebrang feri Galala -Poka.Ambon.Coba deh pergii ke Galala sore hari, pasti banyak yang menjajakan ikan cakalang, ikan tongkol ashar , maupun tuna.Dulu saya paling suka kalau dimasakin sama Oma Qori (ART ) cakalang ashar masak santan. Paling favorit deh pokonya. Rasanya sedep banget.

Lama banget saya tak makan ikan cakalang ini sejak kepindahan suami ke Surabya. Hampir 15 tahun yang lalu terakhir makan ikan cakalang ashar. Yang bikin rindu makan cakalang ashar ini, aromanya itu lho . Bau asap tapi enak manis karena ikannya segar. Ikan cakalang ashar biasanya dijual oleh Oma-oma dengan pakaian tradisonal, bawahan sarung dan kebaya kurung. Biasanya kalau di Ambon makan ikan cakalang ashar ini dimakan dengan sambal colo-colo atau dimasak kohu-kohu.
Sambal colo-colo teridri dari irisan cabai rawit, tomay, bawang merah dan perasan jeruk limau atau jeruk nipis. Hmmm sedap nganae... :)
Sedangkan kohu-kohu juga merupakan salah satu masakan tradisional dari pulau Maluku. Biasanya disajikan saat ada makan "Patita". Kohu - kohu sebenarnya hampir sama dengan trancam kalau di Jawa cuma bahan dasarnya yang berbeda. Kohu-kohu terdiri dari sayuran kacang panjang, taoge, kemangi. Kacang panjang dan taoge hanya disiram sebentar dengan air panas, lalu dicampur dengan sambal kelapa ditambah suwiran ikan cakalang, dan dimakan dengan kasbi atau singkong.
Cakalang Ashar
Nah barusan my ojob dinas ke Ambon, asyiiik bisa titip ikan cakalang ashar buat pengobat rindu. Weleeh ternyata my ojob beli cakalang sampai 3 ekor, nguiiik mau habis sampai kapan? akhirnya bagi-bagi deh ke tetangga. Sebagian aku masak balado sebagian aku masak santan.

Berikut bahan:
Setengah ekor ikan cakalang ashar dipotong jadi 6 bagian
2 kotak tahu dipotong kotak dadu dan digoreng setengah matang
1 ikat daun kemangi
1 santan kara ukuran 65 ml
air 750 ml
5 buah cabai rawit diiris bisa juga dibiarkan utuh
5 cabai merah diiris serong
7 cabai hijau diiris serong
Daun jeruk 2 lembar
1 batang serai
Minyak goreng untuk menumis secukupnya
1 lembar daun salam dan lengkuas 3 cm

Bahan yang dihaluskan:
5 siung bawang merah
3 bawang putih
2 cm kencur
garam secukupnya
gula pasir secukupnya


Cara membuat:
1. Petik daun kemangi lalu cuci dan tiriskan
2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum dan berubah warna.Masukkan cabai dan tunggu sampai layu.
3. Masukkan tahu, ikan dan santan serta air. Tambahkan daun jeruk, daun salam, lengkuas. Tunggu sampai mendidih.Tunggu hingga bahan merasuk atau santan agak berkurang.
4 Ketika mau diangkat masukkan daun kemangi.
5. Angkat dan sajikan

Selamat mencoba Cakalang Ashar masak santan.
Ikancakalang ashar ini lebih yummy kalau masaknya sore dan makannya baru keesokan harinya. :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar