Jumat, 12 Juni 2015

Nugget Ayam Wortel

Nugget Ayam Wortel by Tatit
Sebentar lagi puasa, mulailah rasa malas aku singkirkan demi makanan anak-anak. Rasa nyeri di dada karena salah tidur aku lupakan. Demi makanan beku sehat buat persediaan puasa, daripada beli jadi mending bikin sendiri. Sambil buat hiburan dan pengalih perhatian rasa nyeri.Nugget ayam wortel ini kesukaan anakku. karena rasa malasku biasanya aku hanya beli di supermarket. Namun kali ini aku harus melawan rasa malas itu.
Selai buat kegiatan liburan Lantip juga buat persediaan makanan di kulkas. NNugget Ayam wortel ini memag agak ribet sih. Dibandingkan beli tentu saja. Tapi kan lebih higienies dan sehat tanpa MSG. :)
Sebenarnya aku bukan koki rumah yang handal kalau memasak serin gosog dan keasinan kalau memasak namun karena sering mencoba dan modal nekat akhirnya bisa juga menghasikan hidangan di meja dan mendapat nilai 7 dari anak-ana. (Kalau nggak dinilai 7. Ntar mamanya ngambek nggak mau masak lagi :P)

Bahan Nugget Ayam Wortel:
300 gram daging dada ayam
1 batang wortel dikupas dan diparut menggunakan parutan keju
1 bawang putih atau 1 sendok teh bawang putih bubuk
1 sendok teh garam
2 sendok makan tepung tapioka (kanji)
1 sendok teh lada bubuk
3 kotak es
1 butir telur
1sendok teh gula pasir

Bahan lapisan:
1 butir telur
2 sedok makan tepung terigu
100 gram tepung panir

Nugget ayam wortel turun dari kukusan siap dipotong

Nugget setelah dilapisi tepun panir dan siap digoreng atau disimpan dalam frezer


Cara membuat:
1. Daging dada ayam, dicuci bersih lalu dipotong kotak-kotak . Pemotonganini utuk mempermudah saat dihaluskan menggunakan chopper. Dan supaya chopper tak lekas rusak karena terlalu berat di beban.
2. Campur jadi satu, daging ayam, bawang putih, lada bubuk, garam,gula, tepung tapioka, telur dan es masukkan di chopper lalu blender sampai halus.
3. Tempatan ke dlam mangkok lau dicampur dengan wortel yang sudah diserut, campur sampai rata.
4 Ambil plastik lalu olesi dengan minyak. Tempatkan plastik di loyang sebagai alas. Agar setelah dikukus nanti tak lengket dan mudah dilepas dari loyang.
5. Masukkan adonan ke dalam loyang. Ratakan lalu kukus sampai matang.
6. Setelah matang angkat dari loyang tunggu sampai dingin.Lalu dipotong sesuai dngan keinginan kita. Bisa juga dibentuk memakai cetakan kue kering.
7. Gulingkan di tepung terigu lalu telur dan tepung panir.
8. Goreng sampai kecoklatan angkat dan sajikan dengan saus sambel.Atau simpan di wadah kedap udara. Dan disimpan di frezzer

Nugget ayam wortel siap dihidangkan selamat mencoba


Tidak ada komentar:

Posting Komentar