Jumat, 07 Oktober 2016

Orak Arik Okra

 
Orak Arik Okra


Sebenarnya lihat sayur okra sering sih saat belanja di supermarket. Cuman belum berani nyoba untuk memasaknya. Nah beberapa waktu lalu aku ke pasar dan ditawari tukang sayur langganan untuk masak okra saja. Okra sering juga disebut dengan nama ladyfinger.  Si penjual sayur menambahan kalau okra banyak manfaatnya. Selain bisa dimasak tumis katanya okra juga bisa dibikin orak-arik okra.


Duuuh baru kali ini mau masak okra, dalam benakku pasti kalau mateng nglentrek alias nyemek gitu. Aaah demi menghapus rasa penasaran dengan masakan okra, perlu aku mencobanya. Walau sebelumnya juga sempat tanya sana -sini gimana cara memasaknya. selain itu juga buka mbah google. Bagaimana memasak okra agar tak terlalu berlendir?

Agar okra tak berlendir, sebaiknya okra dicuci dulu. Irislah okra sebelum ditumis. Atau setelah diiris digoreng sebentar aja, asal sreng gitu. Lalu kita masak mau ditumis atau orak-arik okra. Saya jatuhkan pilihan masak orak-arik okra agar anak-anakku juga doyan. 

Konon okra banyak sekali manfaatnya salah satunya untuk menurunkan diabetes, untuk mengatasi sembelit. Karena lendir dari okra inilah yang membuat okra berfungsi melumasi usus besar hingga memperlancar BAB.

Bahan:
200 gram okra 
2 butir telu ayam dikocok lepas

Bumbu:
2 siung bawang putih dikeprek lalu dicincang halus
1 sendok teh lada bubuk
1 sendok makan saus tiram
1 sendok teh garam

1. Okra dicuci, lalu dipotong 2 cm, digoreng sebentar
2. Tumis bumbu hingga harum dan berubah warna
3. Masukkan okra tambahkan garam, saus tiram, lada bubuk. Aduk sampai rata.
4. Lalu masukkan telur kocok diaduk sampai telur berbutir-butir. icip rasanya.
5. Angkat dan sajikan selagi hangat.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar