Rabu, 20 April 2016

Gethuk

Gethuk
Gethuk merupakan salah satu makanan tradisional yang terbuat dari singkong.Gethuk biasanya dapat ditemui di pasar tradisional terutama di daerah Jawa. Ada beberapa macam gethuk yaitu gethuk lindri, gethuk trio dan gethuk abang yang terbuat dari singkong dicampur denga gula merah lalu dihaluskan.


Jaman saya kecil dulu, saya suka membeli gethuk di pasar Jaten, Solo. Di sana ada penjual gethuk namanya Mbah Sireng.Beliau menjual gethuk abang dan gethuk putih. Gethukya lembut dan awet sampai sore. Aku paing suka gethuk abangnya.Rasanya manis dan gempi. Kata Mbah Sireng, untuk mendapatkan gethuk yang gempi dan pulen seperti punyanya, kuncinya di singkong. Gunakan singkong yang empur dan berwarna kuning. 

Singkong mentega yang berwarna kuning memang sangat cocok unuk olahan gethuk. Untuk memilih singkong ada tipsnya. Pilih singkong yang masih baru jangan berangin.(berwarna biru)

Nah pas ke pasar saya lihat singkong, lalu saya pilih yang mentega. Pengin nyoba bikin gethuk sendiri tapi dengan bentuk yang lain.

Bahan:
1 kg singkong mentega
10 sendok bebek (kurang lebih 100 gram ) gula pasir
1 tetes pewarna hijau
Keju buat hiasan di atasnya(pengganti kelapa )

Cara membuat:
1. Singkomg dikupas, lalu dicuci sampai bersih.
2. Kukus singkong hingga empuk. lalu buag sumb bagian tengahnya
3. Haluskan singkong dengan garpu atau ulegan yang dialas plastik. Lalu campur dengan gula pasir.Diaduk samai tercampur rata. Beri satu tetes pewarna.Aduk sampai rata.
4. Ambil plastik segitiga dan bawahnya diberi spuit bintang. Cetak getuk d plastik lalu taburi atasnya dengan parutan keju.
5. Getuk siap disajikan.

Tips: Saat menghalusna singkng sebaikna saat panas agar cepat halus dan berbulir.Sebelm dicetak, adonan harus benar-benar halus agar plastik tak mudah jebol. Menekannya jangan terlalu kuat.



 

2 komentar:

  1. Gethuk itu makanan favorit saya mbak, alhamdulilah di kampung saya masih banyak yang berjualan gethuk mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Sidoarjo jarang yang jualan gethuk. Adanya gethuk dari ubi rambat alias telo

      Hapus