Senin, 04 April 2016

Dadar Udang Ayam Gulung Favorit Anakku

Dadar Udang Ayam Gulung


Kalau mau cerita makanan andalan keluarga.Baik keluarga suamiku maupun keluargaku, semuanya doyan bakmi atau bakso. Entah mie ayam, mie goreng hingga mie godog. Dan bila  keadaan darurat mentog dengan menu masakan maka saya paling suka bikin mie. 

 Kadang mie goreng atau mie rebus. Dulu doyan banget stok mie instan yang praktis tinggal rebus lalu tambahin telur atau cabai rawit.Tapi sekarang sudah tobat, setelah dianjurkan sama dokter jangan terlalu banyak makan mie instan karena bumbu mie instan banyak mengandung msg.

Kalau bikin mie goreng dengan bumbu minimalis ini paling gampang dan cepet masaknya dijamin anak-anak suka.Apalagi kalau makannya dikasih acar hmmm...enyaaak.Nggak usah pakai nasi pun sudah kenyang.

 Tapi berhubung kalau masak mie, belum sempat difoto sudah habis diserbu duluan maka saya di sini akan cerita salah satu lauk lain, favorit anak-anak.Yaitu dadar udang ayam gulung.

Dadar udang ayam gulung ini erinspirasi dari makan di HOKBEN. Lalu saat di grup masakan yang saya ikuti ada yang upload resepnya. Shrimp Roll. Saya pun tertantag untuk mencobanya.

Kalau bikin dadar udang ayam gulung ini biasanya jadinya banyak. Maka bisa untuk stok lau di kulkas. Biasanya saya simpan di frezzer. Tapi waau saya simpan di frezzer, anak-anak pasti tergoda untuk menggorengnya sendiri lalu dicemil atau buat sarapan.

Kalau sudah begini masak saya akan melarannya, bkankah saya biin juga untuk mereka. walhasil hanya mampir di frezzer 2-3 hari langsung habis :)

Bahan :
Untuk Dadar:
2 butir telur ayam
100 ml air
2 sendok makan tepung terigu
Garam secukupnya
Minyak goreng secukupnya

 Untuk Isi:
100 gram udang kupas kulitnya
250 gram daging ayam bagian dada. (difillet buang kulitnya)
1 siung bawang putih
1 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh minyak wijen
garam kurang lebih 1 sendok teh
gula kurang lebih 1/2 sendok makan
3 kotak es batu 
1 butir telur.
1 sendok makan peres tepung kanji

Cara membuat:
1. Untuk dadar:Semua bahan dicampur jadi satu lalu diaduk hingga larut sampai tak berbutir. Bila masih bebutit bisa disaring. Siapkan teflon, goreng sesendok sayur demi sesendok sampai habis.

2. Untuk isi: Semua bahan dihaluskan menggunakan chopper . Setelah halus.

3. Ambil plastik atau aluminum foil. Taruh dadar telur di atasnya Lalu masukan 1-2sendok ke dalam dadar,  gulung hingga pada. Dan bagian ujung plastik diikat menggunakan karet. Kalau pakai aluminium foil tinggal diplintir ujungnya.

4. Kukus kurang lebi 30-45  menit. sampai matang.

5. Angkat da tunggu samapai dingin. Buka bungkusan lalu dipotong serong.

6. Goreng hingga kuning kecoklatan.

7. Siap disajikan . Untuk lauk atau sekdear dicocol dengan saus sambal

Dadar udang ayam gulung ini saat akan menggoreng bisa saja dilapisi degan tepung panir. Caranya tinggal celupkan bahan yang sdah dipotong srong tadi ke dalam terigu, lalu tlurdan terakhir tepung rti. BIsa disimpan di frezzer sampai seminggu. Selamat mencoba.




4 komentar:

  1. Wow enak ini buat sarapan anak-anak sebelum ke sekolah. Pengin buat, tapi chopper rusak. Kalo dicacah manual pake pisau jadinya nanti nggak bisa halus, ya.
    Catet dulu ah resepnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalautelaten bisa halus kok mbak.Eh iu ketinggalan harusnya da meria bubuknya 1/2 sendok teh

      Hapus
  2. Gampang juga ya bikinnya...anak-anakku pasti suka nih :D

    BalasHapus
  3. Waduh saya jadi pengen menyicipi masakan mbak, nasi mn nasi :D

    BalasHapus