Rabu, 28 Oktober 2015

Tips Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan

Ikan mengandung protein hewani . Kandungan omega yang terdapat dalam ikan dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan. Ikan pun dapat diolah dengan aneka masakan entah dibakar, berkuah maupun digoreng.Namun terkadang anak-anak saya kurang menyukainya karena bau ikan yang amis. Untuk menghilangkan bau amis ikan ada beberapa cara.

 Saat saya di Ambon, Oma Qori asisten rumah tangga saya penggemar ikan tulen memberikan tips untuk menghilangkan bau amisnya. Di antaranya :
1. Memberikan perasan air jeruk limau. Kalau jeruk limau sedang susah didapat maka Oma Qori akan merendam ikan dengan sedikit cuka dan garam Tapi hasilnya jika direndam menggunakan cuka hasil gorengan ikan akan sedikit hitam beda kalau menggunakan air jeruk.
Terkadang malah si ikan hanya disiram dengan air belimbing wuluh untuk mengurangi rasa amisnya.

2. Gunakanlah campuran jahe jika ingin memasak ikan berkuah atau dibakar. Tambahkan di bumbu yang dihaluskan dengan jahe, untuk bumbu ikan bakar. Sedangkan untuk yang berkuah seperti sop ikan bisa ditambahkan geprekan jahe. Aroma jahe yang khas akan mengurangi amis ikan.

3. Gunakanlah rebusan daun jeruk. Ambil beberapa lembar daun jeruk lalu direbus, setelah dingin gunakanlah rebusan air jeruk ini unuk merendam ikan.
Bila memasak kuah kuning bisa ditambahkan 1-2 lembar daun jeruk da serai untuk menghilangkan amis pada ikan.

Hmm...ternyaata menghilangkan bau amis ikan cukup mudah dan bahannya pun mudah didapat bukan? Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar