Rabu, 04 November 2015

Tips Praktis Membersihkan Noda Pada Kompor Gas


Setiap rumah tangga sekarang memakai kompor gas. Baik kompor gas portable maupun yang tanam. Kompor yang berapi biru menjadi idaman. Namun bila kompor  tiap hari digunakan memasak ini jarang dibersihkan maka akan menimbulkan kerak dan noda pada kompor.Bila kita memasak terkadang kompor kena tumpahan air, cipratan minyak atau ketumpahan kuah sayur. Wedeew si kompor jadi bernoda jika tak segera dibersihkn , terkadang malah sudah mengerak kotorannya.

Untuk membersihkan kompor gas dari noda ini bisa mengggunakan bahan yang mudah didapat serta praktis pembuatannya. Berikut ini tips praktis  membersihkan noda kompor gas:

1. Gunakan Bakiing Soda
Untuk mnenghilangkan bekas tetesan minyak atau noda pada kompor gas kita bisa menggunakan baking soda yang dicampurkan dengan sedikit air hingga seperti pasta. Lalu ambil spon dan usapkan sekeliling kompor. Diamkan sebentar lalu dilap menggunakan kain kering.

2. Air Jeruk Nipis
Air jeruk nipis mempunyai rasa asam yang cocok buat menghilangkan noda. Caranya peras air jeruk nipis lalu letakkan pada bagian kompor yang kotor. Tunggu beberapa saat, lap dengan menggunakan lap kering.

3. Gunakan Campuran Sabun Cair Cuci Piring Dengan Air Hangat
Untuk menghilangkan noda berminyak pada kompor kita bisa menggunakan  campuran sabun cuci piring dan air hangat. Hal ini bisa juga digunakan pada tungku yang terkena tumpahan kuah sayur atau minyak. Rendam tungku degan air sabun dan air hangat lalu sikat menggunakan bekas sikat gigi atau sabut berkawat.Setelah itu bilas menggunakan air bersih dan lap dengan lap kering.

Tips praktis membersihkan noda pada kompor gas semoga bermanfaat. Ingat  ya saat membersihkan noda yang membandel jangan menggunakan bahan yang tajam cukup dengan sbekas sikat gigi atau spon yang lembut. Supaya kompor tak tergores.

1 komentar: