Selasa, 01 September 2015

Kue Lumpur Kentang

Kue Lumpur Kentang
Di Sidoarjo tempatku tinggal, ada kue lumpur yang sangat terkenal namanya kue lumpur "Muda Mudi". Apalagi sejak ada luapan umpur Lapindo di daerah Porong.Sepertinya kue lumpur jadi ikon kuliner Sidoarjo. Kue lumpur bahan utamanya telur, kentang dan gula pasir serta santan.Kue lumpur sekarang banyak variasinya salah satunya kue lumpur kentang. Selain itu ada juga kue lumur waluh, kue lumpur ubi jalar dan bisa juga kue lumpur ubi ungu,kue lumpur isi vla.

Baru-baru ini saya membuat kue lumpur kentang buat cemilan anak-anak dan sebagian diantar ke tetangga.Bahan kentang dan terigu sudah ada tinggal membeli kelapa parut buat santan.

Bahan Kue Lumpur Kentang
400 gram kentang dikukus lalu dihaluskan dengan blender
300 gram gula pasir
100 gram margarine
1 sendok teh vanili
500 ml air
1/2 sendok teh garam
600 ml santan
150 gram tepung terigu
6 butir telur
kismis untuk hiasan atas

Cara membuat:
 -Air dimasak hingga mendidih, tambahkan margarin dan garam. Tunggu hingga margarin leleh, tambahkan tepung terigu diaduk hingga tercampur rata dan halus.
-Gula pasir dan telur serta vanili dikocok hingga tercampur dan gula larut, masukkan kentang.Aduk kembali sampai tercampur rata. Lalu tuangkanlah ke dalam adonan terigu, sambil diaduk hingga rata.
-Tambahkan santan sedikit dmi sedikit lalu diaduk sampai tercampur rata
- Panaskan cetakan kue lupur dan oleslah dengan margarin. Tunggu hingga cetakan panas, sendokkan adonan ke dalam cetakan, lalu tutup dan tunggu setengah matang. Buka tutupnya tambahkan kismis di atasnya. Tutup kembali sambil tunggu sampai matang.Angkat
-Kue lumpur kentang  siap disajikan



1 komentar: